Sabtu, 02 April 2016

IMAN. YANG. RAGU


http://autopiamlg.blogspot.co.id/

THOMAS:
Iman Yang Ragu


YOHANES 20 : 24 - 29

"Karena engkau telah melihat AKU, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."  (Yohanes 20:29)

Pasca kematian YESUS di kayu salib iman murid-murid YESUS menjadi sangat terguncang.  Salah satunya adalah Thomas, yang memilih untuk meninggalkan persekutuan yang biasa diadakan di suatu tempat bersama dengan murid-murid lainnya.  "Tetapi Thomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika YESUS datang ke situ."  (ayat 24).

     Thomas tidak lagi hadir karena terguncang imannya dan frustasi, karena beranggapan bahwa kematian YESUS di kayu salib adalah akhir segalanya.  Bahkan ketika murid-murid lainnya menceritakan perihal kebangkitan YESUS kepadanya ia bersikap skeptis dan sama sekali tidak percaya.  Thomas pun berkata,  "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-NYA dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-NYA, sekali-kali aku tidak akan percaya."  (ayat 25b).  Thomas butuh bukti konkret untuk percaya.  Begitu mudahnya iman Thomas memudar, padahal ketika masih bersama-sama YESUS ia mendengar sendiri apa yang dikatakan Yesus bahwa Ia akan mati disalibkan dan bangkit dari kubur pada hari yang ketiga.

     Apa yang menyebabkan Thomas ragu?  Karena konsep pemahaman Thomas tentang MESIAS masih terkontaminasi atau terpengaruh dengan ajaran Yudaisme yang menyatakan bahwa MESIAS akan datang dalam semarak dan penuh kemegahan, bukan kesederhanaan.  Sementara TUHAN YESUS datang sebagai hamba yang sederhana dan malah harus menderita, dan mati secara memalukan di kayu salib.  Ternyata 3,5 tahun diajar dan hidup bersama dengan YESUS tidak cukup bagi Thomas mengenal pribadi-Nya secara benar.  Namun begitu Yesus datang kepada Thomas secara pribadi dan menampakkan diri kepadanya, serta berkata,  "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."  (ayat 27), seketika itu juga barulah Thomas percaya dan berseru,  "Ya TUHAN dan ALLAHku!"  (ayat 28).

Kebangkitan YESUS bukan sekedar teori, tapi fakta, karena itu percayalah kepada-NYA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadikan dan berikan komentar anda sebagai refleksi diri bukannya mengomentari kejelekan dan kekurangan kami