Senin, 04 April 2016

Autopia: Mazmur 34: 1- 5

Autopia, Sabtu, 2 April 2016
http://autopiamlg.blogspot.co.id/

Renungan:
MAZMUR 34:1-5
1. Dari Daud, pada waktu ia pura-pura tidak waras pikirannya 
    di depan Abimelekh,  sehingga ia diusir, lalu pergi.
2. Aku hendak memuji TUHAN pada segala waktu; puji-pujian 
    kepada-Nya tetap di dalam mulutku.
3. Karena TUHAN jiwaku bermegah; biarlah orang-orang yang 
    rendah hati mendengarnya dan bersukacita.
4. Muliakanlah TUHAN bersama-sama dengan aku, marilah kita 
    bersama-sama memasyhurkan nama-NYA!
5. Aku telah mencari TUHAN, lalu Ia menjawab aku, dan melepas
    kan aku dari segala kegentaranku.






Pakaryan:
P D

Firman tadi intinya tentang apa?
Daud menyaksikan bahkan mengajak untuk memuji, meluhurkan nama ALLAH, semua yang ada diajak memuji, karena Daud ingin bersaksi

MAZMUR 34:3-4
3) Karena TUHAN jiwaku bermegah; biarlah orang-orang 
     yang rendah hati mendengarnya dan bersukacita.
4) Muliakanlah TUHAN bersama-sama dengan aku, marilah 
     kita bersama-sama memasyhurkan nama-NYA!

Karena ALLAH berkenan menjawab Daud...

MAZMUR 34:4   Aku telah mencari TUHAN, lalu IA menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku.

Ketika mengalami keadaan tidak mengenakkan, tapi dia tidak mencari yang lain, tidak mencari manusia yang punya kuasa tapi mencari ALLAH... lha kamu tidak... hatinya condong ke yang lain, entah kepada manusia, atau dengan roh-roh lain, AKU di campur... ya tidak kutemui, AKU tidak menjawab... tapi Daud dengan sungguh-sungguh mencariKU.. ya AKU menjawab

Kalau dulu anak-anakKU mencari.... AKU menjawab... demikian juga sekarang, tetap sama, asal seperti Daud tadi...

AMOS 5:4  Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah AKU, maka kamu akan hidup!

Kalau mencarimu benar, pasti... bahkan kamu akan hidup...
Hidup yang tidak bisa kamu beli... itu saja Kuberikan apalagi hal-hal lain... kalau hidup itu kan bisa meraih segalanya...

Kalau kamu mencari ALLAH... kamu mencari sumber berkat... sumber pertolongan... itu pokoknya...
Tapi kamu mintanya yang kecil-kecil... kalau kamu mencari AKU, dan kamu sdh menemukan.. ya segalanya... kamu akan diberkati..

Wujudnya mencari AKU...
MATIUS 6:33  Tetapi carilah dahulu Kerajaan ALLAH dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Mencari "Kerajaan ALLAH" -kebenaran ALLAH, ya kamu harus tekun melekat kepada SANG FIRMAN, maka kamu akan menemukan.. kalau sudah memiliki.. lainnya tambahan saja... lha kamu tidak yang dicari yang tambahan, yang pokoknya tidak dicari...

Dahulukan mencari AKU... berkat-berkat lain akan ditambahkan...

Kalau kamu benar-benar mencari AKU (mencari Kerajaan ALLAH dan kebenaranNYA) tambahannya makin heran...
Tetapi ingatlah, kalau mencari AKU jangan sekedarnya... bahkan berani mengorbankan yang jasmani utk mencari TUHAN... kalau kamu mendapatkan AKU mendapatkan segalanya

MATIUS 13:45-46
45 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah.
46 Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, ia pun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu."

Mutiara yang indah siapa? Tuhan Yesus, krn pedagang ini tau, hanya satu itu yang indah, maka semua dijuali... artinya dlm mencari Aku, jangan memberatkan yang lain... peribasanya... hujan, panas, capek tetapi mencari

Kamu yang sdh menemukan mutiara ini hrs, tdk setengah2... diutamakan... dg hikmat... kalau kamu mengutamakan Allah, RohKu memberi hikmat, sehingga yang lain tdk terbengkalai...

Kalau Aku berkenan kamu cari... sekarang Aku sebenarnya mencari kamu... yang sudah A (absen)

P W

Kenyataannya... bisa gak spt daud? Mengikut Tuhan dg setia? Pas enak bisa, pas gak enak?
Alasannya banyak (spt firman di getsemane)

Makanya jangan banyak alasan... pekerjaan... harta... keluarga... dimana kesetiaannya?
Yesus sdh berkorban... taat sampai mati dikayu salib...

Jadi tadi kunci bahagia... daud bisa memperoleh apa yang diingini
Mencari Tuhan... itu artinya org yang taat akan firman

Yesaya 48:18  Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti,

Jadi inilah kunci... kalau kamu ingin hidup memperoleh damai sejahtera... harus memperhatikan firman (bukan dilihat saja, kalau kamu membaca dg tanpa hikmat Allah ya tdk ketemu)
Artinya memperhatikan perintah2 Tuhan..
Dibaca dulu perintahnya... diwujudkan dalam tindakan... itu artinya memperhatikan
Ingat iman tanpa perbuatan mati, kalau sdh tau firman tapi tdk melakukan ya tdk ada buahnya

Apalagi kalau hidupnya menjauh...
Mazmur 73:27  Sebab sesungguhnya, siapa yang jauh dari pada-Mu akan binasa; Kaubinasakan semua orang, yang berzinah dengan meninggalkan Engkau.

Kalau kamu ingin damai sejahtera dariKu hidupnya jauh, ya gak bisa, bahkan binasa... bisa mati rejekinya, sandang pangan, mati iman, bahkan mati (nyawa), ini firman

Kalau kamu jauh, bisa merasakan... gak bisa merasakan damai sejahtera, kamu mengumpulkan harta... ya habis terus

Kalau kamu setia..
Mazmur 37:6  Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang.

Coba... berarti hidupnya tdk gelap, kalau terang.. semua dilakukan dg mudah, coba kalau kamu dlm gelap, akan sulit

Allahmu spt itu, makanya jangan menjauh, anak2Ku yang sdh kupilih, jangan menjauh

Yesaya 49:1  Dengarkanlah aku, hai pulau-pulau, perhatikanlah, hai bangsa-bangsa yang jauh! TUHAN telah memanggil aku sejak dari kandungan telah menyebut namaku sejak dari perut ibuku.

Jadi org2 pilihan... sejak dlm kandungan, sejak dunia belum diciptakan.. sdh ada, sayang lho kalau sdh mendapatkan hak kesulungan disia2kan
Kalau sdh kehilangan hak kesulungan.. ya sia2

Kalau kamu meninggalkan Yesus dg berbagai alasan tadi... tdk akan mendapat berkat... krn esau meremehkan hak kesulungan...
Kamu juga begitu... yang sdh mendapat hak kesulungan... jangan kamu tukar...

Masalah jodoh.. jangan mencari yang diluar kandang, kamu mudah disesatkan seolah2 ajaran mereka benar...

Jodoh, pekerjaan, krn sakit ingin sembuh...

Ingat gak semua jalan itu benar, hanya Yesus yang menuju kpd kebenaran,
Kalau sdh dlm kebenaran... ada fitnah, ... akhirnya akan merasakan damai, hidup kekal, apakah semua jalan spt itu

Ayo yang muda2..jangan di tukar hak kesulunganmu..

Makanya kuncinya tadi harus mencari Allah, memperhatikan firmanNya

Ingat kalau kamu merasa krn pekerjaanmu, krn kepandaianmu kamu mendapatkan semuanya itu, itu salah...

Ulangan 8:17-18
17 Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini.

Jadi yang membuat kamu bisa kaya, kuat, hidup sampai sekarang ini, krn kemurahan dan berkat rahmat Tuhan saja... kamu diberikan ini spy ingat...

18 Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.

Krn Allah ini sdh berjanji kpd nenek moyangmu, yaitu abrahan, ishak dan yakub, ismail gak ada, diberkati krn abrahan yang minta

Maksud semuanya ini utk meneguhkan... makanya jangan diremehkan... apakah janji akan berlaku kalau diremehkan (dilanggar), mestinya perjanjian Allah ini juga batal tapi...

Krn begitu besar kasih Allah akan dunia ini....

Ayo, jangan sampai hak kesulungan ini hilang, spy tetap memperoleh damai sejahtera

Caranya, tekun dan taat, memang kamu dulu org yang berdosa, krn kasih Allah yang menyelamatkan kamu

Kolose 1:21-23
21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat,

Memusuhi Allah dlm hati (menghujat, mengeluh)

22 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.

Kamu sdh diperdamaikan... makanya jangan punya pikiran yang jahat...

23 Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.

Hrs bertekun dlm iman... tetap teguh.. jangan goncang dg masalah yang kecil2 shg jadi batu sandungan... kalau spt itu imannya belum kuat...
Krn segala pikiran jahat itu dlm hati....

Yakobus 1:14-15
14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.
15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.

Kalau hal2 jahat itu ada dlm dirimu, kamu tdk bisa mengendalikan diri, mudah emosi...

Mazmur 37:3-5
3 Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia,

Percaya dan lakukan yang baik, ini kunci spy diberkati disamping memperhatikan firman2Nya

Percaya, miliki iman yang kuat spy tdk mudah digeser, dan lakukan yang baik...

4 dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.

Dan melakukan semuanya tadi dg sukacita, bergembira, maka Tuhan akan memberikan apa yang diinginkan hatimu

5 Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;

Pasrah, jangan menuntun, kalau kamu lakukan dg tulus...

Mazmur 37:6  Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang.


Makanya dari maz 34 tadi, bagaimana daud bisa merasakan kasih Allah, sukacita dan damai sejahtera krn dia mencari Tuhan dg segenap hati, bahkan mau melepaskan apapun yang menghalangi... kalau sdh melakukan itu berarti melakukan perintahnya, Percaya, lakukan yang baik dan berserah pasrah, tdk menuntun waktunya, Tuhan tau, waktunya Tuhan bukan waktumu

Mazmur 91:14  "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Jadi kalau ingin dilindungi, dibentengi, ya harus melekat

Mazmur 91:15  Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.

Kalau org itu dekat, hubungan karib dg Allah... Aku akan menjawab.. menyertai, meluputkan dan memuliakan...

Kuncinya cuma itu hidup ini, kalau kamu melekat dg dunia ya habis lagi...sia2, makanya harus melekat

Amin













..........[truncated by WhatsApp]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadikan dan berikan komentar anda sebagai refleksi diri bukannya mengomentari kejelekan dan kekurangan kami