Selasa, 13 Agustus 2013

KELEMAHLEMBUTAN YANG BERHIKMAT

( Rancangan Kotbah Ibadah Keluarga : 
Kamis, 15 Agustus 2013 )




KELEMAHLEMBUTAN 
YANG 
BERHIKMAT  



YAKOBUS 3 : 13-18 dan 4 : 11-12


13.
Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi?
Baiklah ia 
dengan cara hidup yang baik 
menyatakan perbuatannya
 oleh hikmat yang lahir 
dari kelemahlembutan.




Bapak Ibu Sdr Ytksh di dalam TUHAN YESUS. Adakah di dalam cerita nyata di bawah ini yang dapat kita renungkan bersama bagi kita yang juga sedang menjalani kehidupan persekutuan bersama di GKJW Jemaat Suwaru ?

Ada komisi Dorkas namanya sebagai sebuah badan pembantu di salah satu jemaat. Kelompok Dorkas ini terdiri atas 250 orang janda. Kegiatan utama pengurus dari komisi ini setiap bulannya adalah berkunjung dan mengunjungi anggotanya terutama anggotanya yang sedang sakit, yang sedang mengalami pergumulan dan permasalahan.
Bapak Ibu Sdr… Satu persatu anggota persekutuan yang sedang sakit, bergumulan dan yang memiliki permasalahan mereka kunjungi semua meskipun mereka semuanya sebagai pengurus juga memiliki keterbatasan usialanjut (= Adi Yuswa ). Mereka lakukan perkunjungan dengan penuh semangat dan kelemahlembutan atas dasar hikmat dari ALLAH. Dengan hikmat dari ALLAH inilah mereka semua memiliki  kemampuan dan kemauan untuk melakukan pelayanan

Bapak Ibu Sdr Ytksh di dalam TUHAN YESUS. Sumber hikmat dan kebijaksanaan adalah ALLAH PRIBADI. ALLAH yang menyatu dan ALLAH yang menghidupi setiap pengikutNYA itu sungguh amat baik sampai mau menyerahkan nyawaNYA sendiri di dalam karya penebusan SANG PUTRA : TUHAN YESUS KRISTUS, JURU SELAMAT kita. Maka kita sebagai umat yang percaya dan sebgai umat yang beriman kepada TUHAN YESUS dan karya ROH KUDUS : Apakah diantara kita ada yang bisa menemukan cacat cela atau ketidakbaikkan dan atau ketidaklemahlembutan dari TUHAN kita YESUS KRISTUS ?
Mengapa TUHAN YESUS yang maha bijak dan berbudi baik itu sungguh-sungguh berusaha mempraktekkan hidup ‘sorgawiNYA’ di dunia ini sebagai manusia yang lemah?
Mengapa TUHAN YESUS yang maha kasih dan penuh kelemahlembutan ini perlu ‘melahirkan dan menyatakan DIRI dengan ‘segala perbuatan ajaibNYA dan dengan segala tata cara hidupNYA sebagai MANUSIA yang sempurna; ‘Sempurna kebaikkanNYA’ ?

Bapak Ibu Sdr…..  Disinilah ALLAH memiliki kepentingan untuk mengajarkan tata cara kehidupan sorgawi yang penuh dengan kasih kelemahlembutan kepada kita-kita semua, sebagai manusia yang sudah terlahir berdosa di dunia ini. ALLAH berkepentingan memberikan contoh hidup nyata sorgawi. Contoh hidup nyata yang penuh kasih kelemahlembutan seperti yang dipraktekwujudkan oleh TUHAN YESUS- SANG PUTRA ALLAH.

Satu kenyataan di dalam hidup kita seharian; Bapak Ibu Sdr….  Seturut akan pengajaran Firman di dalam Kitab Yakobus adalah agar pengetahuan kita ini dapat menghasilkan perbuatan baik; Agar kita tidak melibatkan diri dalam pertengkaran, memfitnah, mencemarkan nama baik orang lain ataupun berkebiasaan mencari-cari kesalahan orang lain. Sebab semua perbuatan itu membuat kita sudah menghakimi orang lain dan sudah mengangkat diri sendiri sebagai pembuat hukum dan hakim bagi orang lain. Dalam hal ini bagi kita berarti sudah menyangkal bahwa ALLAH sajalah sebagai Pembuat Hukum dan sebagai Hakim. ALLAH sajalah yang memiliki kuasa dan melaksanakan keputusan penghakiman terhadap kita semua. Apakah ALLAH akan menyelamatkan atau akan menghukum kita.
Ingat Bapak Ibu Sdr ….. bahwa;
TUHAN YESUS adalah ALLAH PRIBADI yang menjadi JURU SELAMAT.
TUHAN YESUS adalah sebagai sumber hikmat  dengan segala FIRMANNYA dan dengan segala perbuatanNYA .

Bapak Ibu Sdr …… TUHAN YESUS sudah benar-benar memberikan nyawaNYA sendiri  di dalam peristiwa penyaliban di bukit Golgota. Peristiwa ini sebagai wujud kasih ALLAH dan wujud kelemahlembutan ALLAH terhadap dunia . TUHAN YESUS sebagai MANUSIA tidak pernah membalas kejahatan dengan kejahatan. Bahkan TUHAN YESUS sebagai manusia tidak pernah menghakimi sesamanya. Sehingga kita sebagai manusia dapat mengerti  bahwa  Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim, yaitu Dia yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan; Demikian FIRMAN yang tertulis di dalam IBRANI  4 :12
Contohlah dan teladanilah segala bentuk perbuatan baik dari TUHAN YESUS yang penuh dengan kelemahlembutan dan turutilah segala FIRMANNYA. Dan praktekkanlah segala FIRMAN pengajaran TUHAN YESUS dengan meminta pertolongan ROH KUDUS. Kiranya kita semua dikuatkan dan dimampukan.


TUHAN YESUS memberkati.  Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadikan dan berikan komentar anda sebagai refleksi diri bukannya mengomentari kejelekan dan kekurangan kami