Jumat, 17 Mei 2019

Apa arti supaya kamu dicobai dan kamu akan mendapat kesusahan selama sepuluh hari ( WAHYU 2 : 10 )


Sugeng enjang Pak- Selamat pagi pak  matur nuwun renunganipun- terimakasih renungannya, kula bade nyuwun pirsa artinipun- saya ingin tahu arti dari firman penutup renungan Wahyu 2 :10,....supaya kamu dicobai dan kamu akan mendapat kesusahan selama sepuluh hari......,suwun


Kepada jemaat di Smirna
2:8 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: e  Inilah firman dari YANG AWAL dan YANG AKHIR, f  yang telah mati dan hidup kembali: g  2:9 AKU tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu 6 --namun engkau kaya h --dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: i  sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis. j  2:10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai k  dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. l  Hendaklah engkau setia m  sampai mati, dan AKU akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan. n 2:11 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan o  apa yang dikatakan ROH kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua 7 . p "


Malaekat jemaat di Smirna.  Untuk memahaminya kita harus mengetahui dan mulai memahaminya dari Kitab Wahyu 1. Wahyu yang dikaruniakan Tuhan Yesus Kristus kepada hambaNYA Yohanes. Firman ALLAH ini berupa Penglihatan (ayat 2) dan berupa Nubuatan (ayat 3).


Penglihatan dan Nubuatan dari ALLAH untuk 7 jemaat ( Efesus, Smirna, Pergamus, Tiatira, Sardis, Filadelfia, Laodikia ). Pada setiap jemaat ada dituliskan masing-masing tentang malaekatnya yang dapat kita mengerti dan pahami pula sebagai adanya Roh Kudus yang menyampaikan kesaksian Penglihatan dan Nubuatan ALLAH. Jadi ALLAH PRIBADI yang berFirman. Roh yang berkata-kata kepada jemaat-jemaat ( ayat 11 )


(Sekarang bagi diri kita masing-masing mari berintropeksi diri : “Apakah diri kita sekarang ini berlaku dan bertindak seperti ketujuh jemaat ?”. “Atau saat ini kita sedang berlaku dan bersikap- berpikiran dan bertindak seperti Jemaat Smirna ?”.)


Jemaat Smirna yang sedang mengalami kesusahan dan kemiskinan dan fitnah di sepanjang kehidupannya. Ternyata kita seperti halnya Jemaat Smirna dikatakan oleh TUHAN YESUS  adalah pribadi yang kaya- berbahagia dan sebagai pengikut TUHAN YESUS yang baik dan setia; Justru yang memfitnah- menuduh kita itu  adalah jemaah Iblis (ayat 9).  Pada Firman ( ayat 10 ) berikutnya:   Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita!- Hendaklah engkau setia   sampai mati, dan AKU- TUHAN YESUS  akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan (Kehidupan kekal di Sorga). 


Firman Kebenaran menyatakan dan mengingatkan kepada kita selaku pengikut KRISTUS bahwa sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu- dari antara kita ke dalam penjara supaya kamu dicobai  dan kamu- kita akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari.  


Waktu TUHAN YESUS nyatakan 10 hari itu berbeda lamanya dengan waktu manusia. 1 hari TUHAN bisa 1000 tahun bagi manusia. Dilempar ke dalam penjara pencobaan bisa seperti halnya gambaran Neraka tempat si Iblis. Dan hal seperti ini- Kesusahan dan Penderitaan- Kemiskinan- Kehinaan yang jauh dari kemuliaan TUHAN YESUS akan terjadi selamanya akan kita alami apabila kita tidak tahan uji untuk tetap setia kepada TUHAN YESUS.

( TUHAN YESUS  secara PRIBADI juga mengalami penderitaan kesussahan dan pencobaan si Iblis. Bagaimana dengan diri kita yang hidup pada jaman akhir- sekarang ini ?.)

Kitab WAHYU ini mengingatkan kepada kita bahwa pada akhir jaman nanti aka nada terjadi pencobaan yang besar. Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua ( ayat 11). 




Di bawah ini adalah renungan pagi hari ini ...







Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Maschiach

Para saudara kekasih Kristus,renungan pagi hari ini diberi tema:

MENELADAN KETAATAN KRISTUS

Ibrani 5:8 (TB)  Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya,

Pada dasarnya manusia itu sulit untuk taat pada kehendak Tuhan karena keegoisannya.
Sikap tidak taat ini telah ditunjukkan dan dilakukan oleh manusia pertama,yaitu Adam dan Hawa, mereka melanggar firman Tuhan.

Kejadian 3:2-3 (TB)  Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan,
tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.

Tetapi Adam dan Hawa terbujuk oleh rayuan iblis yang sangat memikat hati,yaitu dengan memakan buah yang dilarang oleh Tuhan,dan mereka jatuh ke dalam dosa karena ketidaktaatannya pada Tuhan.
Benih ketidaktaatan itulah yang Adam wariskan kepada manusia hingga sekarang.

Roma 5:19 (TB)  Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.

Perubahan untuk menjadi orang yang taat pada kehendak Tuhan memang tidak berlangsung dalam waktu sekejap/semalam tetapi memang ada proses dan ada harga yang harus dibayar yaitu dengan  meninggalkan keegoisan,meninggalkan keinginan- keinginan  yang berlawanan dengan kehendak Tuhan.
Kalau dalam keadaan baik-baik/nyaman pasti mudah bagi seseorang untuk taat,tetapi jika seseorang dalam  keadaan sulit atau berada dalam penderitaan,apa dia akan bisa taat?Bisa terjadi orang menghujat Tuhan bahkan meninggalkanNya dan lebih menuruti kata hatinya/nafsunya.
Mari kita perhatikan teladan mulia yang telah Kristus lakukan.
Dia telah belajar taat pada kehendak Allah BapaNya walau harus mengalami  penghinaan dan penderitaan yang sangat berat hingga wafatNya disalib

Filipi 2:8 (TB)  Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

.Karena ketaatanNya itu maka Kristus ditinggikan/dimuliakan oleh Allah Bapa.

Filipi 2:9-11 (TB)  Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Para saudara terkasih,di balik penderitaan Kristus ternyata ada kemuliaan dinyatakan dan itu diawali dengan ketaatan.Hal itu juga akan terjadi/ akan dialami oleh setiap orang  yang memang mau taat kepada kehendak Tuhan.Sesulit apapun keadaan kita,seberat apapun penderitaan kita,jika kita berupaya tetap taat setia kepada kehendak Tuhan dan mampu bertahan dalam penderitaan,pasti ganjaran mahkota kehidupan akan dinyatakan kepada kita.

Wahyu 2:10 (TB)  Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.

Mari kita imani,amini dan lakukan firman Tuhan dengan kesungguhan hati serta selalu kita meneladan pada ketaatan Kristus kepada Allah BapaNya.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.


PD Autopia Malang
 Susi Indung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadikan dan berikan komentar anda sebagai refleksi diri bukannya mengomentari kejelekan dan kekurangan kami