Senin, 30 April 2012

BERTOBAT ITU BERUBAH

Materi Ibadah Keluarga
Kamis 3 Mei 2012

BERTOBAT
 ITU
 BERUBAH
1 KORINTUS 15 : 1 – 11

15:9 
Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, bahkan tidak layak disebut rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat ALLAH.
15:10 
Tetapi karena kasih karunia ALLAH aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-NYA kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia ALLAH yang menyertai aku.





Bapak Ibu Saudara yang terkasih … 
 Ada satu pernyataan seseorang yang juga sebagai pelaku kehidupan sebagaimana kita semua telah menjalani kehidupan. Pernyataannya : “Lebih baik mantan (bekas) orang jahat, daripada mantan (bekas) orang baik. Walaupun kadang saya ini dianggap palsu atau sok tetap saja saya lakukan dengan iman. TUHAN YESUS melihat dan mendengar pergumulan saya” .

Bapak Ibu Saudara terkasih
ini sebuah kenyataan atas pernyataan seseorang tadi bagi orang dan sanak keluarga yang melihat kehidupannya di masa lampau dibanding kehidupannya di masa sekarang ini. Tetapi akan menjadi sesuatu sikap yang ‘sok’ bagi orang lain yang tidak mengenalnya. Tetapi imannya tetap menuntun hidupnya bahwa TUHAN YESUS itu sungguh mengetahui bahkan TUHAN YESUS saja yang telah memberikan kesempatan hidup untuk berubah. Itulah jerih payah seseorang tadi.
Ia tidak menyia-nyiakan anugerah- kasih karunia dari ALLAH

Bapak Ibu Saudara yang terkasih …
Rasul Paulus juga menuliskan pengalaman hidupnya bahwa ia adalah orang yang paling jahat bahkan ia sebutkan dirinya sendiri adalah sosok yang paling hina dan tidak layak disebut rasul karena ia sudah melakukan penganiayaan- banyak menganiaya Jemaat ALLAH. Inilah yang disebut perubahan total yang dialami Rasul Paulus sebab memang dapat kita percaya bahwa sungguh Rasul Paulus itu sekarang penuh kasih bukan lagi, ia terus melakukan penganiayaan terhadap orang-orang percaya, Rasul Paulus sekarang memberitakan Injil kabar kebaikan dan bukannya memusuhi setiap pekabar Injil ALLAH

Bapak Ibu Saudara yang terkasih …
Inilah pertobatan yang sesungguhnya yang sudah terjadi pada diri seseorang ataupun pada diri Rasul Paulus yaitu pertobatan yang mengubah cara hidup, mengubah laku hidup dan mengubah cara pandang akan kehidupannya. Bukan sekedar membuat pernyataan : Menjadi mantan orang jahat ternyata masih lebih baik dari pada menjadi mantan orang baik dan bukan sekedar mengubah nama : dari Saulus menjadi Paulus. Bukan hanya ucapan dimulut tetapi sungguh terlihat di dalam perbuatan hidupnya. Sebab perubahan hidup yang didorong dengan kesungguh-sungguhan dan disertai dengan usaha- jerih payah dan ataupun atas dorongan kasih karunia dari ALLAH itu pasti akan menyebabkan keberhasilan seseorang untuk berubah total dan tidak akan kembali keperbuatan dan kebiasaan yang telah ditinggalkan. Memang pertobatan adalah perubahan hidup : Bertobat itu Berubah

Bapak Ibu dan Saudara …
Rasul Paulus dari seorang penganiaya KRISTUS justru berubah menjadi pengikut KRISTUS yang sejati. TUHAN YESUS bisa berkata-kata dengan Saulus : Saulus… Saulus mengapa engkau menganiaya AKU ?!  ketika melakukan perjalanan ke kota Damsyik. Tetapi Rasul Paulus yang dahulu adalah Saulus tetap saja bisa mendengar suara ALLAH yaitu suara TUHAN YESUS yang tidak lain adalah ROHNYA YANG KUDUS (ROH KUDUS). Sehingga apa yang ia katakan dan yang ia tuliskan dan yang ia perbuat adalah dari apa yang ia dengar dan yang didorongkan untuk ia lakukan. Hatinya dan roh Rasul Paulus ini terus diperbaharui oleh ALLAH disamping dirinya sendiri terus berusaha untuk terus berubah, untuk terus menaati FIRMAN dari TUHAN YESUS. Bukankah ALLAH kita ya TUHAN YESUS itu penuh kasih dan terus memberi kesempatan kepada kita semua untuk bisa mengalami perubahan atau pertobatan

Mari…  
Bapak Ibu Saudara yang terkasih…
kita memandang kehidupan di dunia ini dengan kacamata yang baru yaitu kaca mata iman. Kita tidak lagi menuruti keinginan duniawi dan kedagingan semata tetapi kita lebih mengikuti dorongan kuasa kasih karunia yang diberikan oleh ALLAH kepada kita masing-masing. Sehingga perubahan ataupun pertobatan itu bukan karena jerih payah kita sendiri tetapi lebih dikarenakan oleh TUHAN YESUS yang menolong kita semua untuk lebih bisa berubah dengan sungguh-sungguh mengalami perubahan total.
Percayalah bahwa iman kita akan menuntun di setiap langkah kehidupan kita

TUHAN YESUS memberkati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadikan dan berikan komentar anda sebagai refleksi diri bukannya mengomentari kejelekan dan kekurangan kami