Kamis, 08 Januari 2015

AUTOPIA, Sabtu: 9 Agustus 2014 1 YOHANES 4 : 1 – 6



AUTOPIA, Sabtu: 9 Agustus 2014

RENUNGAN (Hsni) :

1 YOHANES 4 : 1 – 6
1)    Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.
2)  Demikianlah kita mengenal ROH ALLAH: setiap roh yang mengaku, bahwa YESUS KRISTUS telah datang sebagai manusia, berasal dari ALLAH,
3)  dan setiap roh, yang tidak mengaku YESUS, tidak berasal dari ALLAH. ROH itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.
4)  Kamu berasal dari ALLAH, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab ROH yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.
5)  Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.
6)  Kami berasal dari ALLAH: barangsiapa mengenal ALLAH, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari ALLAH, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya ROH kebenaran dan roh yang menyesatkan.

Ada kalimat bertentangan untuk tunjukan ROH ALLAH dan Roh dunia

CERITA :
.> Seorang pdt naik pesawat duduk di sebelah seseorang, saat lepas landas : Pramugari menghampiri dengan membawa makanan, minuman dan sebagainya. Penumpang itu menolak !

‘Saya puasa (bukan masalah Kristen dan agama)’
Ketika ditanya : ‘Anda siapa?’
Jawabnya : ‘Dari gereja setan’, berpuasa untuk hancurkan keluarga-keluarga Kristen; Dengan puasa keras untuk hancurkan keluarga (inti)

.>  Jaman ini, di ujung- di akhir jaman : Perang, penyakit tidak ada obat

.>  Kita harus uji !. Di sana ada kesembuhan ?!. (Roh setan tidak akui YESUS; Kita dari ALLAH dapat kalahkan nabi-nabi palsu

.>  Nabi palsu, binatang keluar dari laut !, diberi kuasa sembuhkan !. ‘Dukun’ : Bawa ayam dengan berbagai criteria ---- > prosesi tidak sembuh, penyakit lebih parah ---- > bawa kambing !. Si penderita penyakit jantung sembuh !. (Kemudian kambing disembelih untuk dilihat jantungnya, ternyata jantungnya berwarna hitam) --- > Sekarang orang ini tidak sempuh tetapi lumpuh ( Sekarang orang ini berumur 90 tahun )

.>  TUHAN YESUS beri kesembuhan  dengan proses (lama)- dengan proses iman dimana kita harus menempel/ melekat kepada YESUS ---- > tidak seperti dukun

Ayat 5 : roh berasal dari dunia --- > mereka nabi-nabi palsu, mereka mendengarkan !. (Pukul ganti pukul), TUHAN YESUS  dengan kasih/ balas dengan kasih !

Ayat 6 : Kita berasal dari ALLAH, kita tidak mengenal  GALATIA 4 : 9
Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal ALLAH, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal ALLAH, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya?
Luar biasa TUHAN YESUS (Pencipta) mengenal kita !.

Di sini kita dikenal ALLAH !
GALATIA !, Bagaimana jika kita berbalik kepada dunia ( kepada roh-roh yang miskin )
Kita kembali, nama kita dihapus !
Beda roh !. Beda baik dan jahat !.

LAGU 595



PAKARYAN
Tentrem rahayu saka ALLAH SANG RAMA, GUSTI YESUS SANG PUTRA tuwin SANG ROH SUCI pada tampanana

1 YOHANES 4 :  1a,b
Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh

.>>  Uji buahnya bagaimana ?. Hasilnya bagaimana ?.
Ketika pergumulan dan sebagainya. Kamu lari kemana ? Kepada TUHAN YESUS ?!
Begitu ada masalah dalam kehidupan, seringkali konsentrasi kita tertuju pada masalah.
Keinginan hati : Segera tuntas, segera selesai masalahnya (Fokus kepada  masalah dari pada kepada kuasa TUHAN YESUS). Akal budi kemana ?. Cari pertolongan ke tempat lain. Sembuh tapi keple- tangan tidak berfungsi, akhirnya tidak suka cita (Beda hasilnya)

Dalam KRISTUS, proses kesembuhan nomor 2, yang nomor 1 adalah kesembuhan iman/ rohani.
Raga / tubuh alamiah --- > tidak menghadap tahta ALLAH, tubuh/ jasmani tidak akan pernah …. Kembali menghadap
Karena asal dari tanah maka akan kembali ke tanah, tetapi roh kepunyaan ALLAH  maka akan kembali
Bila roh tidak kuat, iman tidak kuat bagaimana ?

PROSES PENYELESAI MASALAH :  Rohani dulu, ruhani kuat maka jasmani ikut sembuh

1 YOHANES 4 : 1c
tetapi ujilah roh-roh itu

Kuasanya dari ALLAH atau dari yang lain
Kita tidak bisa uji ---- > Kamu tertipu, seolah-olah betul/ benar

Buahnya ?.
Ada syarat-syarat sembuhkan orang --- > tidak pernah
(Syarat-syarat bagi’yang ngladeni’- bagi pelayan). Harus dilihat dari buahnya.

Waspadalah akan nabi-nabi palsu, dari buahnya (lihat , rasakan)
Buah pohon baik- buah baik. Semak duri ?

MATIUS 7 : 15
Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

------- > Sebagai srigala buas, menyamar sebagai domba !
Domba tidak tunjukan sikap keganasan/ kebuasan (mudah digembalakan/ kendalikan --- > Manut/ menurut
(Tidak menyamar seperti singa tetapi sebagai domba
Tampilan : Perkataannya halus/ lembut, mburine nekek, ngapusi- akhirya mencekik leher dan menipu

Harus waspada !

MATIUS 7 : 16
Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?

Maka disuruh uji. Adakah dari buah ada damai atau dari buah  justru tambah gelisah/ berbeban adalah penghiburan

Proses ---- > mengunjungi ‘orang sakit’ --- > tidak berat.
Masalah hasil : Urusan TUHAN YESUS karena ALLAH yang mengukur kemampuan manusia

MATIUS 7 : 17
Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
Inilah salah satu contoh dari buah yang bisa dirasakan. Bibit yang ditanam baik --- > buah baik. Bibit jahat  ---- > jahat. Bibit tidak damai --- > buah tidak ada kedamaian

Saat-saat terakhir ini : Ini sudah datang bahkan sudah bangkit anti KRISTUS. Mereka tidak suka kebenaran
1 YOHANES 2 : 18 – 19
18) Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.
19) Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

Artinya : Anti KRISTUS bisa terjadi dari dalam kelompok kita dan dari dalam gereja, persekutuan, lingkungan  sendiri, keluarga

Ini waktu sudah terakhir, ini sudah digenapi.

Siapa mau menjadi pemuas sex, daftar ke no. … (Sampai seperti itu).  Masuk kebenaran dari YESUS KRISTUS, ada pembunuhan, pembakaran, pembantaian, tidak ada buah kasih.
Meskipun mereka mengenal ALLAH tapi tidak memuliakan ALLAH

ROMA 1 : 21
Sebab sekalipun mereka mengenal ALLAH, mereka tidak memuliakan DIA sebagai ALLAH atau mengucap syukur kepada-NYA. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap.

Mereka percaya kepada ALLAH --- > khalik, memuliakan ALLAH ?. Membantai !
KRISTUS : Jangan dendam balas dendam, pipi kiri hasilkan.
Disuruh berkati orang yang mengutuk. (Orang mengenal ALLAH, memuliakan dengan cara itu)

Kita dikuasai roh penyesat, hilanglah semuanya itu.
Kalau kamu hidup dalam terang, yang gelap tidak dikuasai. Kegelapan --- > kuasa jahat/ iblis. Orang dikuasai iblis, jalan di kegelapan : Turuti hawa nafsu, puaskan diri, bantai puas!. Mereka disumpah terhadap pemimpinnya --- > Menghamba kepada manusia, itu berzinah. (Apakah itu tidak … syirik?). Mereka akan mendapatkan hukumannya masing-masing

2 PETRUS 2 : 2 – 3
2) Banyak orang akan mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu, dan karena mereka Jalan Kebenaran akan dihujat.
3) Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda.

Ketika disebar luaskan (Apapun perbuatan/ tujuan jahat- dosa) --- > paling gampang cari massa, Tidak percaya ALLAH dihujat, mau buktinya YESUS SANG KEBENARAN !.

ALLAH memberi waktu, kalau doa anak-anakKU sampai ke AKU ---- > mereka akan terima pembalasan

Mereka mencari keuntungan : Promosi enak seperti jual jamu, jaminannya masuk surga. Siapa yang beri jaminan !. (Kaya weruh-weruha- seperti tahu dengan pasti)

Sifat ALLAH pengasih tidak pendendam dan sebagainya. Koq sifat ALLAH ditepak-tepakna- dicocokan dengan sifat dirinya. Membunuh koq ditepakna- dicocokan.

Aja kuatir- jangan kuatir : Setiap manusia pasti mati ( bayi ---- > tua)

Mati raga tidak mengapa, raga tidak menghadap. ALLAH hanya butuh keimananmu --- > berpegang teguhlah kepada KRISTUS YESUS

Mereka mencari kepentingan sendiri, mereka lakukan supaya banyak orang  ter …

Kitab YEHEZKIEL …. ?
Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman sudah tersedia. Di dalam mereka dapat kebinasaan (Beda buah antara KRISTUS dan anti KRISTUS)

YESAYA 29 : 13
Dan TUHAN telah berfirman: "Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan AKU dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-KU, dan ibadahnya kepada-KU hanyalah perintah manusia yang dihafalkan,

ROMA 1 : 8 – 9
8) Pertama-tama aku mengucap syukur kepada ALLAHku oleh YESUS KRISTUS atas kamu sekalian, sebab telah tersiar kabar tentang imanmu di seluruh dunia.
9) Karena ALLAH, yang kulayani dengan segenap hatiku dalam pemberitaan Injil ANAK-NYA, adalah saksiku, bahwa dalam doaku aku selalu mengingat kamu:

Itu yang mereka lakukan sehingga mereka tidak mengenal siapa ALLAH sebenarnya. Bagaimana bisa tidak sampai di hati, hanya sampai di hati/ hapalan.
>>> Tapi ingat kita sudah mengerti KRISTUS, pagi setiap waktu maka kamu akan ….

1 TESALONIKA 5 : 21 – 22
21) Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.
22) Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan.

Kewajibanmu : Menguji !.
Supaya kita bisa bedakan- rasakan : mana yang baik dan mana yang tidak berkenan.
Kalau sudah tahu seperti itu, kita harus hidup  seperti orang bijaksana/ arif, tidak seperti orang bebal

EFESUS 5 : 15
Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,

Kita sudah mengerti, kita bisa bedakan karena sudah diberi roh hikmat. Tidak seperti orang mokong menuruti keinginan diri sendiri. Jangan kita jadi serupa denhan dunia ini tetapi berubahlah sesuai budimu

ROMA 16 : 2
supaya kamu menyambut dia dalam TUHAN, sebagaimana seharusnya bagi orang-orang kudus, dan berikanlah kepadanya bantuan bila diperlukannya. Sebab ia sendiri telah memberikan bantuan kepada banyak orang, juga kepadaku sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadikan dan berikan komentar anda sebagai refleksi diri bukannya mengomentari kejelekan dan kekurangan kami