Kamis, 22 Desember 2011

Kisah ini adalah kisah raja Herodes,ingkang sombong / Somahe Rama Abraham SUN timbali

PARA RASUL 12 : 20 – 22
‘Kisah ini adalah kisah raja Herodes’,ingkang sombong wonten ing ngarsanipun GUSTI ALLAH. ALLAH mboten mendel kemawon menawi wonten sok sintena tiyang ingkang tansah damel asoring kalenggahaning GUSTI ALLAH ingkang maha luhur kagantos dening manungsa ingkang drajatipun asor ananging ngendelaken badanipun ngungkuli kamulyanipun ALLAH.
Kados makaten paukumanipun INGSUN marang sok sapaa kang adigung adiguna ana ing ngarsaningSUN

12:20Herodes sangat marah terhadap orang Tirus dan Sidon. Atas persetujuan bersama mereka pergi menghadap dia. Mereka berhasil membujuk Blastus, pegawai istana raja, ke pihak mereka, lalu mereka memohonkan perdamaian, karena negeri mereka beroleh bahan makanan dari wilayah raja.
12:21Dan pada suatu hari yang ditentukan, Herodes mengenakan pakaian kerajaan, lalu duduk di atas takhta dan berpidato kepada mereka.
12:22Dan rakyatnya bersorak membalasnya: "Ini suara allah dan bukan suara manusia!"

PURWANING DUMADI 22 : 20 – 24; 23 : 1 – 20
Nyaritakake lelakone Nahor lan Rama Abraham kang somahe Sarah SUN timbali. Sanajan mangkono INGSUN maringi kakuatan marang Rama Abraham sanajan yuswane wus sepuh nanging ‘bijaksana’- wicaksana .ngrumati pasareane Sarah, omahe ana ing tanah Het.
(Sira kudu nresnani somahira kaya Abraham nresnani somahe Sarah)


22:20Sesudah itu Abraham mendapat kabar: "Juga Milka telah melahirkan anak-anak lelaki bagi Nahor, saudaramu:
22:21Us, anak sulung, dan Bus, adiknya, dan Kemuel, ayah Aram,
22:22juga Kesed, Hazo, Pildash, Yidlaf dan Betuel."
22:23Dan Betuel memperanakkan Ribka. Kedelapan orang inilah dilahirkan Milka bagi Nahor, saudara Abraham itu.
22:24Dan gundik Nahor, yang namanya Reuma, melahirkan anak juga, yakni Tebah, Gaham, Tahash dan Maakha.


23:1Sara hidup seratus dua puluh tujuh tahun lamanya; itulah umur Sara.
23:2Kemudian matilah Sara di Kiryat-Arba, yaitu Hebron, di tanah Kanaan, lalu Abraham datang meratapi dan menangisinya.
23:3Sesudah itu Abraham bangkit dan meninggalkan isterinya yang mati itu, lalu berkata kepada bani Het:
23:4"Aku ini orang asing dan pendatang di antara kamu; berikanlah kiranya kuburan milik kepadaku di tanah kamu ini, supaya kiranya aku dapat mengantarkan dan menguburkan isteriku yang mati itu."
23:5Bani Het menjawab Abraham:
23:6"Dengarlah kepada kami, tuanku. Tuanku ini seorang raja agung di tengah-tengah kami; jadi kuburkanlah isterimu yang mati itu dalam kuburan kami yang terpilih, tidak akan ada seorangpun dari kami yang menolak menyediakan kuburannya bagimu untuk menguburkan isterimu yang mati itu."
23:7Kemudian bangunlah Abraham lalu sujud kepada bani Het, penduduk negeri itu,
23:8serta berkata kepada mereka: "Jika kamu setuju, bahwa aku mengantarkan dan menguburkan isteriku yang mati itu, maka dengarkanlah aku dan tolonglah mintakan dengan sangat kepada Efron bin Zohar,
23:9supaya ia memberikan kepadaku gua Makhpela miliknya itu, yang terletak di ujung ladangnya; baiklah itu diberikannya kepadaku dengan harga penuh untuk menjadi kuburan milikku di tengah-tengah kamu."
23:10Pada waktu itu Efron hadir di tengah-tengah bani Het. Maka jawab Efron, orang Het itu, kepada Abraham dengan didengar oleh bani Het, oleh semua orang yang datang di pintu gerbang kota:
23:11"Tidak, tuanku, dengarkanlah aku; ladang itu kuberikan kepadamu dan gua yang di sanapun kuberikan kepadamu; di depan mata orang-orang sebangsaku kuberikan itu kepadamu; kuburkanlah isterimu yang mati itu."
23:12Lalu sujudlah Abraham di depan penduduk negeri itu
23:13serta berkata kepada Efron dengan didengar oleh mereka: "Sesungguhnya, jika engkau suka, dengarkanlah aku: aku membayar harga ladang itu; terimalah itu dari padaku, supaya aku dapat menguburkan isteriku yang mati itu di sana."
23:14Jawab Efron kepada Abraham:
23:15"Tuanku, dengarkanlah aku: sebidang tanah dengan harga empat ratus syikal perak, apa artinya itu bagi kita? Kuburkan sajalah isterimu yang mati itu."
23:16Lalu Abraham menerima usul Efron, maka ditimbangnyalah perak untuk Efron, sebanyak yang dimintanya dengan didengar oleh bani Het itu, empat ratus syikal perak, seperti yang berlaku di antara para saudagar.
23:17Demikianlah ladang Efron, yang letaknya di Makhpela di sebelah timur Mamre, ladang dan gua yang di sana, serta segala pohon di ladang itu, bahkan di seluruh tanah itu sampai ke tepi-tepinya,
23:18diserahkan kepada Abraham menjadi tanah belian, di depan mata bani Het itu, di depan semua orang yang datang di pintu gerbang kota.
23:19Sesudah itu Abraham menguburkan Sara, isterinya, di dalam gua ladang Makhpela itu, di sebelah timur Mamre, yaitu Hebron di tanah Kanaan.
23:20Demikianlah dari pihak bani Het ladang dengan gua yang ada di sana diserahkan kepada Abraham menjadi kuburan miliknya.



PARA RASUL 9 : 1 – 9
Minggu, 16 September 2001

Sok sapaa kang ora manut marang karsaningSUN
bakal SUN bendu paukumaningSUN
ora nglarakake
nanging njalari ora kuwate
enggone nglakoni urip kang lumrah,

kaya abdiningSUN Saulus
kang ngalami wuta sawetara wektu,
sabab INGSUN ora ngersakake
dheweke nglakoni paniksa
marang para kagunganingSUN
ing Damsyik.

Sira aja wedi
yen SUN utus lumaku
anaa ngendi papan dununge INGSUN ngutus.

Sira pracayaa
marang INGSUN
sabab INGSUN
kang kagungan rencana,
sira kang nglakoni
rekasa ana ing marginingSUN
kangge nebus para sadulurira
kang durung wanuh
ana ing ngarsaningSUN
Sira sepisan maneh aja wedi
sabab INGSUN kang nganti lakunira sakprana-sakprene.
Bab INGSUN kang wus sira cathet lan sira krungu iki saka INGSUN
….
Kumandela
aja ragu-ragu marang dhawuh pangandika INGSUN.
Sira kena nguji nanging kudu enggal pracaya marang karsaningSUN


9:1Sementara itu berkobar-kobar hati Saulus untuk mengancam dan membunuh murid-murid TUHAN. Ia menghadap Imam Besar,
9:2dan meminta surat kuasa dari padanya untuk dibawa kepada majelis-majelis Yahudi di Damsyik, supaya, jika ia menemukan laki-laki atau perempuan yang mengikuti JALAN TUHAN, ia menangkap mereka dan membawa mereka ke Yerusalem.
9:3Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.
9:4Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: "Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya AKU?"
9:5Jawab Saulus: "Siapakah ENGKAU, TUHAN?" Kata-NYA: "AKUlah YESUS yang kauaniaya itu.
9:6Tetapi bangunlah dan pergilah ke dalam kota, di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat."
9:7Maka termangu-mangulah teman-temannya seperjalanan, karena mereka memang mendengar suara itu, tetapi tidak melihat seorang jugapun.
9:8Saulus bangun dan berdiri, lalu membuka matanya, tetapi ia tidak dapat melihat apa-apa; mereka harus menuntun dia masuk ke Damsyik.
9:9Tiga hari lamanya ia tidak dapat melihat dan tiga hari lamanya ia tidak makan dan minum.




PURWANING DUMADI    31 : 3 – 33
KEJADIAN 31
Senin, 17 September 2001


PURWANING DUMADI    31 : 5
>> ALLAHe bapakku ( Yakub ) tansah nunggil karo aku ( sabab ulate Laban ‘berubah’ ). Wedus tutul, lorek kang diaturake marang Yakub dening Laban iku dadi kasunyatan karana dening ‘pakaryaningSUN’
31:5 lalu ia berkata kepada mereka: "Telah kulihat dari muka ayahmu, bahwa ia tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadaku, tetapi Allah ayahku menyertai aku.
PURWANING DUMADI    31 : 13
>> INGSUN kang dhawuhi Yakub supaya tata-tata mangkat ninggal Laban bali menyang tanah leluhure lan sadulure

 31:13 Akulah Allah yang di Betel itu, di mana engkau mengurapi tugu, dan di mana engkau bernazar kepada-Ku; maka sekarang, bersiaplah engkau, pergilah dari negeri ini dan pulanglah ke negeri sanak saudaramu."

PURWANING DUMADI    31 : 14 – 16
>> Somahe Yakub ( Lea & Rachel ) paring ‘kakuatan’ marang Yakub supaya manut karsaningSUN, iku kabeh INGSUN kang ngosikake manahe

31:14Lalu Rahel dan Lea menjawab Yakub, katanya: "Bukankah tidak ada lagi bagian atau warisan kami dalam rumah ayah kami?
31:15Bukankah kami ini dianggapnya sebagai orang asing, karena ia telah menjual kami? Juga bagian kami telah dihabiskannya sama sekali.
31:16Tetapi segala kekayaan, yang telah diambil Allah dari ayah kami, adalah milik kami dan anak-anak kami; maka sekarang, perbuatlah segala yang difirmankan Allah kepadamu."

PURWANING DUMADI    31 : 19
>> Sajroning tata- tata Rachel ‘mundhut’  ( kasare nyolong ) Terafim bapake ( Laban ). Apa iku Terafim= patung ukiran pamujanan awujud makhluk swarga  rupane kaya malaekate INGSUN

 31:19 Adapun Laban telah pergi menggunting bulu domba-dombanya. Ketika itulah Rahel mencuri terafim ayahnya.

PURWANING DUMADI    31 : 20
>> Yakub males tumindake Laban kang asring ngakali ‘putrane Yakub’ . Saiki Yakub ganti ngakali Laban, lunga tanpa pamit

 31:20 Dan Yakub mengakali Laban, orang Aram itu, dengan tidak memberitahukan kepadanya, bahwa ia mau lari.

PURWANING DUMADI    31 : 29
Ature Laban : Geneya sira njupuk ( nyolong dewa-dewaku ) ?. Kang njupuk sejatine Rachel nanging kang disalahake Yakub sabab braya tiku kapimpin dening Yakub

31:3Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yakub: "Pulanglah ke negeri nenek moyangmu dan kepada kaummu, dan Aku akan menyertai engkau."
31:4Sesudah itu Yakub menyuruh memanggil Rahel dan Lea untuk datang ke padang, ke tempat kambing dombanya,
31:5lalu ia berkata kepada mereka: "Telah kulihat dari muka ayahmu, bahwa ia tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadaku, tetapi Allah ayahku menyertai aku.
31:6Juga kamu sendiri tahu, bahwa aku telah bekerja sekuat-kuatku pada ayahmu.
31:7Tetapi ayahmu telah berlaku curang kepadaku dan telah sepuluh kali mengubah upahku, tetapi Allah tidak membiarkan dia berbuat jahat kepadaku.
31:8Apabila ia berkata: yang berbintik-bintiklah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang berbintik-bintik; dan apabila ia berkata: yang bercoreng-corenglah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang bercoreng-coreng.
31:9Demikianlah Allah mengambil ternak ayahmu dan memberikannya kepadaku.
31:10Pada suatu kali pada masa kambing domba itu suka berkelamin, maka aku bermimpi dan melihat, bahwa jantan-jantan yang menjantani kambing domba itu bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang.
31:11Dan Malaikat Allah berfirman kepadaku dalam mimpi itu: Yakub! Jawabku: Ya Tuhan!
31:12Lalu Ia berfirman: Angkatlah mukamu dan lihatlah, bahwa segala jantan yang menjantani kambing domba itu bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang, sebab telah Kulihat semua yang dilakukan oleh Laban itu kepadamu.
31:13Akulah Allah yang di Betel itu, di mana engkau mengurapi tugu, dan di mana engkau bernazar kepada-Ku; maka sekarang, bersiaplah engkau, pergilah dari negeri ini dan pulanglah ke negeri sanak saudaramu."
31:14Lalu Rahel dan Lea menjawab Yakub, katanya: "Bukankah tidak ada lagi bagian atau warisan kami dalam rumah ayah kami?
31:15Bukankah kami ini dianggapnya sebagai orang asing, karena ia telah menjual kami? Juga bagian kami telah dihabiskannya sama sekali.
31:16Tetapi segala kekayaan, yang telah diambil Allah dari ayah kami, adalah milik kami dan anak-anak kami; maka sekarang, perbuatlah segala yang difirmankan Allah kepadamu."
31:17Lalu bersiaplah Yakub, dinaikkannya anak-anaknya dan isteri-isterinya ke atas unta,
31:18digiringnya seluruh ternaknya dan segala apa yang telah diperolehnya, yakni ternak kepunyaannya, yang telah diperolehnya di Padan-Aram, dengan maksud pergi kepada Ishak, ayahnya, ke tanah Kanaan.
31:19Adapun Laban telah pergi menggunting bulu domba-dombanya. Ketika itulah Rahel mencuri terafim ayahnya.
31:20Dan Yakub mengakali Laban, orang Aram itu, dengan tidak memberitahukan kepadanya, bahwa ia mau lari.
31:21Demikianlah ia lari dengan segala harta miliknya. Ia berangkat, menyeberangi sungai Efrat dan berjalan menuju pegunungan Gilead.
31:22Ketika pada hari ketiga dikabarkan kepada Laban, bahwa Yakub telah lari,
31:23dibawanyalah sanak saudaranya bersama-sama, dikejarnya Yakub tujuh hari perjalanan jauhnya, lalu ia dapat menyusulnya di pegunungan Gilead.
31:24Pada waktu malam datanglah Allah dalam suatu mimpi kepada Laban, orang Aram itu, serta berfirman kepadanya: "Jagalah baik-baik, supaya engkau jangan mengatai Yakub dengan sepatah katapun."
31:25Ketika Laban sampai kepada Yakub, --Yakub telah memasang kemahnya di pegunungan, juga Laban dengan sanak saudaranya telah memasang kemahnya di pegunungan Gilead--
31:26berkatalah Laban kepada Yakub: "Apakah yang kauperbuat ini, maka engkau mengakali aku dan mengangkut anak-anakku perempuan sebagai orang tawanan?
31:27Mengapa engkau lari diam-diam dan mengakali aku? Mengapa engkau tidak memberitahu kepadaku, supaya aku menghantarkan engkau dengan sukacita dan nyanyian dengan rebana dan kecapi?
31:28Lagipula engkau tidak memberikan aku kesempatan untuk mencium cucu-cucuku laki-laki dan anak-anakku perempuan. Memang bodoh perbuatanmu itu.
31:29Aku ini berkuasa untuk berbuat jahat kepadamu, tetapi Allah ayahmu telah berfirman kepadaku tadi malam: Jagalah baik-baik, jangan engkau mengatai Yakub dengan sepatah katapun.
31:30Maka sekarang, kalau memang engkau harus pergi, semata-mata karena sangat rindu ke rumah ayahmu, mengapa engkau mencuri dewa-dewaku?"
31:31Lalu Yakub menjawab Laban: "Aku takut, karena pikirku, jangan-jangan engkau merampas anak-anakmu itu dari padaku.
31:32Tetapi pada siapa engkau menemui dewa-dewamu itu, janganlah ia hidup lagi. Periksalah di depan saudara-saudara kita segala barang yang ada padaku dan ambillah barangmu." Sebab Yakub tidak tahu, bahwa Rahel yang mencuri terafim itu.
31:33Lalu masuklah Laban ke dalam kemah Yakub dan ke dalam kemah Lea dan ke dalam kemah kedua budak perempuan itu, tetapi terafim itu tidak ditemuinya. Setelah keluar dari kemah Lea, ia masuk ke dalam kemah Rahel.


PANGENTASAN 3 : 4 - 5
KELUARAN 3 : 4 - 5
Kamis, 20 September 2011


PANGENTASAN  3 : 5
>> Kacaritakake dening INGSUN kang nimbali Musa, ya INGSUN kang nimbali sira. Sira aja wedi kaya dene Musa, sabab sira wus SUN paringi tangan kiwa-ira kang bisa nelukake para sadulurira liyane
3:5 Lalu IA berfirman: "Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus."

GALATI 5 : 16
>> Aja kapencut ‘pepengin marang daging’ sabab daging iku nggene karusakakan. Aja nyepelekake ROHINGSUN, sabab ROHINGSUN ora njalari rusaking karohanenira lan karohaning para sadulurira. Sakabehing karsaningSUN iku mesthi migunani marang karsaningSUN tumprap saben wong kang ngabehi marang INGSUN. Saben wong kang mbutuhake INGSUN bakal SUN paringi kabungahan gedhe. Aja mendhem kabungahan kang mung semu ora langgeng

5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh ROH, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.








21 September 2001
?
Sapa sing nggatekake dhawuh INGSUN 
iku bakal ngunduh krahayon Swarga
Aja semaya
yen sira SUN utus lumadi 
ana ing pakaryaningSUN

PANGENTASAN 20 : 22 – 23
Keluaran 20 : 22 – 23
20:22 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: Kamu sendiri telah menyaksikan, bahwa AKU berbicara dengan kamu dari langit.
20:23Janganlah kamu membuat di samping-KU allah perak, juga allah emas janganlah kamu buat bagimu.

Sira aja nggawa brahala emas ana ing sanding INGSUN, sebab iku ora SUN karsakake >> Brahala emas iku kaya samubarang kabeh kang sira endel-endelake ing wayah sira urip iki : montor anyar, sepeda anyar, omah anyar, pasangan anyar lan liya liyane. Kabeh kang anyar biasane nglalekake sira ana ing ngarsaningSUN

Lelabuhaning SUN marang sira kang wus sawatara suwe kalalekake  dening sadulur-sadulurira uga sira; Kaganti kang anyar kaya pendapat anyar, rumusan/ teori anyar, filsafat anyar lan liya liyane.

INGSUN wus ngetingalake ana urip- ‘pigesangan’, iki kaaran nyembah brahala emas. Pancen rada repot anggen INGSUN nuntun saben wong kang wus pada pracaya marang brahala-brahala emas, supaya bisaa bali maneh ana ing ngarsaningSUN

Musa kautus nyingkirake sarupane brahala emas
ana ing satengahe bangsa Israel

Lumakua kaya  dene Musa,
ngelingake saben wong pracaya
‘ben’ aja nggawe ‘brahala emas’

Lumadia
ana ing tengah-tengahe para sadulur
kang SUN aturi mareg
ing ngarsaningSUN,
Amin



KIDUNG PASAMUWAN 33 : 2
Rumentahing Palimirma

ALLAH ngasihi dhateng kula
Dosa kula ingaksama
Tan wonten mulading bendunya
Wit kula ingangkat putra
Kula punika sinten ta 2X
De rinentahan sih mirma  2X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadikan dan berikan komentar anda sebagai refleksi diri bukannya mengomentari kejelekan dan kekurangan kami